Tidak hanya untuk hal mistis tapi kembang kantil juga bermanfaat untuk kesehatan

Halo sehat - Bunga kantil atau yang juga bisa disebut sebagai bunga cempaka putih merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki bau harum. Bunga ini biasa dipergunakan dalam berbagai upacara adat seperti untuk perlengkapan pesta pernikahan, maupun dipergunakan dalam ritual nyekar atau ziarah kubur. Bagi orang-orang jawa bunga kantil memiliki sebuah makna ritual yang berarti memiliki hubungan erat meskipun telah berbeda alam.


kembang kantil Di beberapa kalangan masyarakat bunga kantil merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki beberapa mitos seperti, pohon yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi makhluk gaib kuntilanak. Namun dalam dunia medis, bunga kantil dipercaya mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik.

Meskipun sarat dengan mitos, namun pada kenyataannya bunga kantil memiliki berbagai macam kegunaan bagi kehidupan, diantaranya adalah :

1. Sebagai pelengkap upacara adat
Pada beberapa kalangan masyarakat seperti masyarakat Jawa dan Bali, manfaat kembang kantil biasa digunakan dalam berbagai jenis upacara adat seperti pernikahan. Bunga ini digunakan sebagai hiasan sanggul maupun hiasan senjata leluhur seperti keris dan lain sebagainya.

2. Sebagai bahan pewangi rambut
Di beberapa kalangan masyarakat, bunga kantil biasanya dipakai sebagai hiasan dikepala atau diselipkan di atas telinga. Hal ini dapat memberikan efek aroma wangi pada rambut.

3. Untuk menghilangkan bau badan
Bunga yang memiliki aroma harum yang khas ini dapat membantu dalam mengatasi masalah bau badan. Adapun caranya adalah dengan merebus bunga kantil dengan atau tanpa menambahkan campuran seperti daun sirih. Lalu menggunakan hasil rebusan tersebut sebagai air mandi. Atau bisa juga dengan cara merebus bunga kantil kering dengan sejumlah air, lalu air hasil rebusan tersebut dapat diminum guna mengatasi bau badan.

4. Dapat mengobati gangguan vertigo
Vertigo merupakan gangguan kesehatan dimana penderitanya akan mengalami sensasi berputar-putar. Hal ini bisa diatasi dengan jalan merebus sekitar 5 hingga 7 kuntum bunga kantil yang telah kering dengan menggunakan +/- 500 ml air bersih. Rebus hingga air tinggal +/- 200 ml lalu konsumsi hasil rebusan bunga kantil tersebut selagi dalam kondisi hangat.

5. Dapat membantu mengobati perut kembung
Gangguan perut kembung yang pasti terasa tidak nyaman dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari bunga kantil. Caranya adalah dengan merebus +/- 5 kuntum bunga kantil yang dicampur dengan jahe +/- 5 gr, 3 butir kapulaga, serta 5 gr kulit jeruk mandarin yang telah kering bersama dengan +/- 700 ml air bersih. Rebus beberapa saat hingga air hanya tinggal +/- 300 ml saja. Konsumsi ramuan tersebut pada saat kondisi air masih hangat.

6. Untuk membantu mengobati sinusitis
Sinusitis merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat infeksi pada rongga saluran udara seperti hidung, muka, maupun dahi. Manfaat kembang kantil sebagai salah satu ramuan herbal dalam membantu mengatasi gangguan tersebut. Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari :

  • Campur+/- 30 gram bunga kantil yang telah dikeringkan
  • Campur bahan lainnya seperti daun mint sebanyak 30 gr, jahe 15 gr, serta bawang putih sebanyak 2 siung.
  • Rebus semua bahan tersebut dengan air bersih +/- 800 cc selama beberapa saat hingga air rebusan tinggal separuhnya.
  • Gunakan ramuan tesebut sebanyak 2 kali sehari masing-masing 200 cc dalam sekali konsumsi.


7. Dapat membantu mengobati masalah keputihan
Meskipun hal ini wajar terjadi pada kalangan wanita, namun jika gangguan keputihan dibiarkan saja dapat berakibat fatal. Untuk membantu mengatasi gangguan tersebut, sebaiknya para wanita rajin mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari bunga kantil, caranya :

  • bunga kantil yang telah dikeringkan sebanyak +/- 30 gram,
  • irendam hingga teksturnya menjadi lembut sebanyak +/- 60 gram, serta kulit buah delima +/- 15 gram
  • Rebus dengan air secukupnya selama beberapa saat, lalu konsumsi hasil rebusan serta jail tersebut pada saat masih hangat.


8. Mengatasi peradangan saluran pernafasan
Untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan seperti peradangan saluran pernafasan, kita juga dapat memanfaatkan kandungan dari bunga kantil untuk membantu mengatasi gangguan tersebut. Caranya antara lain adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari

  • daun kantil +/- 15 gram, umbi dari bunga lili, serta kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan
  • rebus bahan-bahan tersebut menggunakan +/- 500 cc air bersih
  • Rebus semua bahan tersebut hingga air tersisa +/- 200 cc
  • Untuk menambah rasa, kita bisa menambahkan sedikit madu
  • Minum ramuan tersebut pada saat masih hangat


9. Untuk membantu mengobati batuk
Batuk rejan maupun batuk berdahak dapat diobati dengan menggunakan ramuan yang berasal dari bunga kantil, jahe, serta kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan. Rebus semua bahan dengan menggunakan beberapa cc air bersih hingga airnya hanya tinggal separuhnya saja. Sebelum diminum, ramuan tersebut dapat juga ditambahkan dengan madu, untuk menambag rasa manis. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari masing-masing 150 cc.

10. Membantu mengatasi gangguan pada dada
Terkadang kita merasakan dada kita serasa penuh yang pada akhirnya akan menimbulkan begah. Hal ini bisa kita atasi dengan menggunakan ramuan yang berasal dari manfaat kembang  kantil, caranya :

  • kembang kantil yang telah dikeringkan +/- 15 gram direbus dengan menggunakan 500 cc air bersih selama beberapa waktu hingga airnya menjadi tinggal separuhnya
  • Minum ramuan tersebut selagi hangat secara rutin.

Karakteristik Kembang Kantil
Pohon kembang kantil tingginya mencapai hingga 30 meter. Bunga kantil yang memiliki nama latin michelia alba ini banyak sekali dijumpai di berbagai daerah di Indonesia seperti daerah jawa tengah, bali maupun daerah-daerah lainnya.

  • Ciri-ciri dari tanaman yang masuk dalam keluarga magnoliaceae ini antara lain adalah :
  • Tinggi pohon bisa mencapai 30 meter
  • Memiliki batang yang berkayu
  • Pada ranting biasa ditumbui bulu-bulu halus yang berwarna keabu-abuan
  • Memiliki daun tunggal yang berbentuk bulat telur
  • Memiliki tangkai yang panjang hampir separuh dari panjang daun.
  • Jarang atau tidak memiliki buah
  • Perkembangbiakan secara vegetatif
  • Hidup di daerah yang memiliki iklim tropis dengan ketinggian wilayah mencapai 1.600 mdpl.
  • Bunga memiliki warna putih dengan kelopak bunga lancip, kecil, dan memanjang.

Di Indonesia, bunga kantil memiliki beberapa nama seperti cempaka putih, kantil , cempaka bodas, campaka, jeumpa gadeng, campaka putieh, sampaka mopusi, bunga eja kebo, bunga eja mapute, capaka bobudo, serta capaka bobulo. Sedangkan dalam dunia internasional bunga kantil lebih dikenal dengan white champaca. Demikianlah beberapa informasi yang bisa kita dapatkan dari bunga kantil. Meskipun sarat akan mitos, namun dibalik itu semua banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil.

No comments:

Post a Comment