Manfaat seledri yang jarang diketahui bahwa bisa mengobati kolestrol tinggi

Halo sehat - Selain manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol, seledri yang masuk dalam jenis sayuran ini juga menjadi pengobatan alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu penyakit yang paling sering dialami banyak orang khususnya masyarakat perkotaan adalah kolesterol tinggi atau dikenal dengan nama hiperkolesterolemia yang sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Salah satu cara mengatasi kolesterol secara alami adalah berpantang makanan yang menjadi sumber kolesterol dan mengkonsumsi berbagai bahan alami seperti seledri yang ternyata sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


Seledri menjadi salah satu tanaman yang kaya akan serat dan rendah kalori sehingga menjadi pilihan terbaik untuk diet rendah kolesterol. Dalam seledri mengandung vitamin A, vitamin C, senyawa vitamin B folat dan juga kolin yang tinggi. Selain itu, dalam seledri juga mengandung beberapa mineral penting seperti fosfor, magnesium dan juga kalsium serta potassium yang semuanya sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk lebih lengkap tentang manfaat seledri untuk kolesterol bisa anda simak pada ulasan menarik yang akan kami berikan berikut ini.

Tinggi Kandungan Potassium
Selain banyak manfaat daun seledri untuk diet, daun ini juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Salah satu kandungan penting dalam seledri yang berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah potassium. Hubungan potassium ini sangat kuat terhadap penurunan tekanan darah sehingga sangat disarankan para peneliti di Wageningen University and Research Center di Belanda dna sudah diterbitkan pada tanggal 13 Maret 2010. Dalam setiap cangkir seledri setidaknya mengandung 263 mg potassium sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai jus atau bahan campuran masakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tinggi Serat dan Rendah Lemak
Seledri juga menjadi makanan yang tinggi akan kandungan serat, rendah lemak dan juga rendah kalori sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik secara keseluruhan namun menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena kandungan serat yang tinggi, seledri juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dalam setiap 100 gram seledri mengandung 1.6 gram serat makanan yang setara dengan 6% asupan serat harian manusia. Selain itu, dalam seledri juga mengandung 16 kalori, kurang dari 1 gram lemak dan juga tidak memiliki kolesterol sama sekali.

Mencegah Penggumpalan Darah
Agar tidak berlangsung terus hingga menjadi penyakit kronis, maka kadar kolesterol dalam tubuh harus tetap berada di ukuran yang norma dimana harus meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan juga menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Dari sebuah penelitian juga didapat jika pemberian seledri secara tetatur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 1% dan risiko jantung berkurang hingga 2% dan juga banyak manfaat seledri untuk asam urat.

Selain itu, penelitian pada seledri juga memperlihatkan hasil yang positif yang dilakukan pada seekor tikus putih. Kada kolesterol darah hewan percobaan tersebut yang diberika air rebusan daun seledri mengalami penurunan yang signifikan.

Memiliki Senyawa Glukosida
Dalam daun seledri juga memiliki senyawa glukosida, apiin dan juga apoil yang memberi aroma khas pada daun seledri. Akan tetapi, dari ketiga senyawa ini belum bisa diungkap secara pasti tentang zat manakah yang paling berperan penting dalam menurunkan kolesterol. Untuk mengolah daun seledri ini sebagai obat menurunkan kadar kolesterol dilakukan dengan cara merebus 1 batang seledri bersama batangnya bersama 1 gelas air sampai mendidih dan diminum 1 kali sehari.

Membantu Sekresi Asam Empedu
Manfaat mengkonsumsi jus seledri mentah juga sangat baik karena mengandung senyawa kimia bernama 3-n butyphthalide yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah namun tidak menghilangkan manfaat kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan senyawa kimia ini juga sangat baik untuk membantu proses sekresi asam empedu atau steroid yang juga berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dan menstabilkan tekanan darah dengan cara mengurangi sekresi hormon stres dan melemaskan otot yang ada di sekitar pembuluh darah sehingga bisa mengalirkan darah dengan lebih mudah.

Manfaat seledri untuk kolesterol sudah terbukti keampuhannya sehingga bisa dijadikan pengobatan alternatif yang mudah dan juga murah. Untuk pengolahannya sendiri bisa dilakukan dengan cara direbus, dimakan mentah atau dicampur dengan beberapa masakan lainnya.

No comments:

Post a Comment