Makan timun untuk kalian yang mengidap tekanan darah tinggi

Halo sehat - Bagi anda yang suka dengan lalapan ataupun Chinese food seperti bakmi, pangsit, hingga nasi goreng merah pastinya tahu dengan salah satu jenis sayuran ini. Timun berbeda jika anda melihat manfaat cloudberry, biasanya dipilih sebagai bahan pelengkap dalam masakan karena rasanya yang renyah dan segar. Sayuran ini sangat cocok bila dihidangkan bersama dengan sambal lalapan ataupun sebagai acar dalam berbagai menu makanan. Secara ilmiah, timun merupakan salah satu sayuran  yang seringkali kita menjumpai di pasar tradisional ataupun supermarket. Timun memiliki warna hijau dengan sedikit larik- larik berwarna hijau muda atau biasanya kita juga menjumpai dengan larik berwarna putih kekuningan. Semakin tua mentimun atau melebihi masa panennya maka warnanya akan berubah menjadi lebih pucat bahkan sampai mendekati warna putih.



Bentuk dari timun sendiri menyerupai silinder dengan ujung agak lonjong dan daging buahnya berwarna putih adapun yang berwarna agak kekuningan dengan rasa yang segar dan renyah karena memiliki kandungan air yang banyak. Untuk mengetahuinya secara detail dan berbeda jika anda melihat manfaat jahe, timun atau buah ketimun memiliki nama latin Curcumis sativus L. Ttimun sendiri merupakan jenis sayuran dari suku labu- Labuan, jadi tak heran jika timun memiliki bentuk biji yang hampir mirip dengan labu dan seperti labu juga buah timun dapat dimakan dalam kondisi mentah. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada sayur timun,sehingga banyak sekali orang yang mengkonsumsinya.

Kandungan Gizi Mentimun

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa
  • Protein
  • Vitamin A, B12, B6, C, D
  • Kalsium

Dan masih banyak sekali kandungan gizi yang pada timun sebenarnya yang berbeda jika anda melihat manfaat bawang merah goreng, sayur timun sendiri dipanen ketika belum terlalu masak buah karena untuk dijadikan sayuran dan menjaga kesegarannya agar tahan lebih lama. Seperti yang sering kira jumpai, timun banyak sekali digunakan sebagai hidangan masakan sebagai penyegar. Seringnya kita menjumpai timun pada masakan yang memiliki rasa pedas seperti lalapan. Tidak hanya karena kandungan gizi yang ada pada ketimun tetapi manfaat serta khasiat pada ketimun yang membuat sayur ini selalu habis dipasaran. Adapun manfaat sayur timun yaitu dengan mengkonsumsi timun maka kadar kolestrol anda kan lebih stabil dan yang paling penting yaitu dengan mengkonsumsi ketimun maka daya tahan tubuh anda akan semakin meningkat. Banyaknya kandungan air dalam buah ketimun juga membuat anda terhindar dari dehidrasi, banyak sekali manfaat serta khasiatnya bukan. Selain itu adapun manfaat timun untuk anda yang memiliki riwayat darah tinggi.

Manfaat Timun Untuk Darah Tinggi

Menstabilkan Tekanan Darah
Kandungan nutrisi yang ada pada timun berbeda dengan manfaat bawang putih dan madu, sangat bermanfaat bagi anda khususnya jika anda memiliki riwayat hypertensi atau biasa disebut dengan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi timun secara berkala maka tekanan darah anda menjadi lebih stabil.

Menurunkan Tekanan Darah
Selain dapat menstabilkan tekanan darah anda berbeda jika anda melihat manfaat merica, bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi dan sedang kambuh maka anda bisa mengkonsumsi timun. Dengan mengkonsumsi timun disaat darah tinggi anda kambuh, dengan cepat dan efektif timun akan membuat tekanan darah anda turun dan stabil.

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah
Seperti yang anda ketahui bahwa penyakit hypertensi atau darah tinggi jika sering kambuh sangatlah berbahaya karena dapat memicu beberapa jenis penyakit kronis mulai dari gangguan sisitem syaraf seperti stroke hingga penyakit jantung yang berujung kematian. Untuk menjaga tekanan darah anda agar tetap stabil dan hypertensi anda tidak mudah kambuh, maka anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi timun. Selain mengkonsumsinya begitusaja, anda bisa membuat berbagai variasi menu.

Melancarkan Peredaran Darah
Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, sayur timun akan sangat baik untuk melancarkan peredaran darah anda. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka tidak hanya upaya pencegahan kambnuhnya penyakit darah tinggi saja yang anda dapatkan tetapi juga kelancaran peredaran darah. Adapun berbagai macam variasi menu yang dapat anda coba agar anda tidak jenuh dengan menu yang itu- itu saja. Diantaranya ada salad timun, rujak timun, jus timun, hingga keripik timun.

Membantu Mengatasi Pusing
Biasanya ketika penyakit darah tinggi anda kambuh, anda juga akan merasakan pusing dan lemas. Untuk mengatasi dan menghilangkan pusing yang anda rasakan, anda juga bisa melakukan cara ini. Dan bisa dibilang ini merupakan cara yang mudah dan efektif, yaitu dengan meminum jus buah timun. Selain rasanya yang segar, hanya dalam beberapa menit pusing yang anda rasakan akan hilang seketika.

Itulah berbagai manfaat dari buah timun yang sangat baik bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi. Tidak hanya mampu mencegah penyakit tersebut kambuh tetapi juga mampu mengatasinya. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

No comments:

Post a Comment